Instalasi GLUT

OpenGL hanyalah tools untuk graphics semata, tanpa ada dukungan API untuk suara,input keyboard,mouse. GLUT adalah salah satu library pendukung OpenGL dalam hal itu namun tidak official. GLUT dikembangkan oleh Mark J. Kilgard. GLUT menjembatani windowing API yang biasanya memusingkan untuk programmer pemula. GLUT sangat efektif apabila digunakan untuk mempelajari Computer craphics tanpa harus mempelajari Win32 API terlebih dulu karena sudah terdefinisi pada GLUT.

Cara menambahkan Library GLUT di Visual Studio,

1. Download GLUT

2. Extract dan anda akan menemukan glut.def, glut.h, glut32.dll,glut32.lib

3. Baca readme

4. Bila merasa kesulitan memahami readme lanjut ke langkah 5

5. copy glut32.dll ke folder Windows\System

6. copy glut32.lib ke  \Program Files\Microsoft SDKs\Windows\v7.0A\lib

bila anda menggunakan versi Visual Studio 2005 keatas carilah folder VC\lib dan copy glut32.lib ke folder tersebut,intinya hanya memasukkan glut32.lib ke folder Library bahasa Visual C.

7.copy glut.h ke \Program Files\Microsoft SDKs\Windows\v7.0A\Include\gl atau cari folder include\gl pada microsoft windows SDK.

GLUT siap digunakan dengan mambahkan include glut.h pada source code kita.

Download referensi di sini. Dokumentasi ini menjelaskan dengan simpel dan ringan tentang elemen2 GLUT berbagai macam Terminology dan penggunaan fitur – fitur seperti GLUT initialization, callback,window management,Menu management dalam suatu aplikasi. Dokumentasi ini juga menceritakan tentang filosofi dan alasan desain GLUT yang memudahkan OpenGL graphics rendering. saat ini saya juga sedang membca dokumentasi tersebut dan akan saya ceritakan lebih lanjut apa yang saya telah pelajari nanti.

5 thoughts on “Instalasi GLUT”

Leave a comment